Kamis, 12 Januari 2017

Tempat Wisata Air Terjun atau Curug di Banten



Tempat Wisata Air Terjun atau Curug di Banten

Tempat wisata di Banten memang Beragam, selain wisata pantai dan budaya, terdapat juga wisata-wisata alam. Salah satu wisata alam yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun atau dalam bahasa sunda sering disebut Curug.
Berikut ini beberapa curug yang ada di Banten.

Curug Putri Pandeglang
Curug Putri terletak di  di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Propinsi Banten. Penduduk sekitar percaya bahwa dahulu curug tersebut merupakan tempat mandinya para putri dari khayangan yang ditandai dengan munculnya pelangi di atas Gunung Pulosari.

Air Terjun Cihear Lebak
Air Terjun Cihear terletak di Gunung Leutik di dalam Kawasan Gunung Halimun Salak antara Desa Cigobang dan desa Ciladaeun Kecamatan Lebak Gedong kabupaten Lebak. Air Terjun Cihear merupakan obyek wisata yang sangat menarik dan indah, dengan aliran air yang sangat deras mencapai ketinggian ± 25 meter, dengan lebar sekitar 6 meter.  Panorama Kawasan Gunung Halimun Salak dapat anda nikmati sepanjang perjalanan menuju Air Terjun Cihear, dengan pemandangan hamparan flora yang indah.

Air Terjun Cigumawang Serang
Air terjun yang mempunyai ketinggian 40 M yang terdapat di Kecamatan Padarincang kabupaten Serang, memiliki keindahan alam dan panorama pegunungan yang dikelililngi oleh hutan tropis yang hijau dan alami dengan iklimnya yang sejuk.  Sangat coock dijadikan tempat untuk hiking, tracking, fotograpi, dan camping, lokasi wisata ini dapat ditempuh kurang lebih 1,5 Jam atau 51 kilometer dari kota Serang menuju Padarincang, kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri perbukitan dan persawahan selama ½ jam.

Curug Gendang – Pandeglang
Pada awalnya, curug yang berada sekitar 170 meter di atas permukaan laut (dpl) dan berasal dari hulu mata air Gunung Panganjaran ini bernama Curug Citajur. Namun karena suara air terjunnya yang mirip dengan suara gendang atau tambur, masyarakat setempat kemudian menamainya Curug Gendang.
Curug Gendang ini memiliki  terjunan air setinggi 7 meter dengan kedalaman kolamnya 13 meter dan luas 10 meter
Konon kawasan Curug Gendang merupakan tempat yang cukup bersejarah bagi perjuangan bangsa pada masa penjajahan Belanda dahulu karena sempat dipakai sebagai wilayah persembunyian para pahlawan saat peperangan.

Curug Kanteh – Lebak  
Terletak di Desa Cikatomas, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak, Propinsi Banten. Curug Kanteh memiliki ketinggian sekitar 80 m dengan 3 kolam bertingkat di bawahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar