Strukturalisme
Tokohnya adalah J.Lacan yang lahir di paris
pada tahun 1901. Bahasa membuka suatu lapangan posisi-posisi yang di
sistematisasifan dengan aturan-aturan menurut pendapatnya, kita baru menjadi
pribadi apabila kita mengabdikan diri pada permainan bahasa.
Filsafat dewasa ini juga disebut filsafat barat
abad ke 20 ciri perkembangannya filsafat barat abad ke 20 ini adalah
desentralisasi manusia. Subyek manusia tidak lagi dianggap sebagai pusat
kenyataan dan desentralisasi manusia adalah perhatian khusus terhadap bahasa
sebagai subyek kenyataan kita sehingga pemikiran filsafat seseorang ini desebut
logosentris.
Disini dengan “strukturalisme “dimaksudkan
sekelompok pemikir yang menarik banyak perhatian sekitar tahun 60-an.
Barangkali tidak ada Negara dimana filsafat dapat mencapai taraf mode
seperti di prancis. Disana tidak hanya terdapat mode dibidang houte
couture atau adibusana ( pembuatan pakaian yang eklusif ), tetapi juga
dibidang intelektual.dalam kalangan lebih terbatas strukturalisme dikemukakanjuga
sebagai reaksi melawan fenomenologi yang dipranac tentu berkaitan erat
dengan eksistensialisme
Dalam aliran pemikiran prancis yang sedang kita
bicarakanini terdapat juga seorang secara eklusif berkecimpung dibidang
psikoanalisa dan berusaha memberikan suatu interpretasi baru mengenal
psikoanalisa freud dalam perspektif strukturalistis. Namanya adalah JACQUES
LACAN ( 1901-1981 ). Ia dilahirkan di prancis dan belajar ilmu kedokteran serta
psikiatri di kota asalnya.tahun1932 ia meraih gelar”doktordan ilmu kedokteran”
berdasarkan disertasi ia psychose paranoiaque dans ses rapports avec ia
personalite ( dicetak ulang 1975 ) ( psikosa paranoia dalam hubungan dengan
kepribadian). Sekitar waktu yang samaia mencari kontak langsung dengan
alirandalam kesenian prancis yang disebut” surealisme “. Tahun 1936 ia mencari
ceramah dalam kongres ke 14 dari “himpunan internasionaluntuk psikoanalisa”(the
internbational psychoanalytic association). Lacan sudah lama
mengkritisbeberapa tendensi dalam “himpunan internasional untuk psikoanaliasa “
khususnya diantara anggota- anggota amerika dalam himpunan itu. Ia menolak
setiap empiristis dan sientistis mereka, ia menentang bertambah
pentingnya Ego Psychology tendensi ”medikalisasi” ( medicalization) pada
analisis-analisis amerika , yaitu tendensi untuk mengaitkan secara eklusif
psikoanalisa dengan propesi medis. dalam hal terakhir ini ia dekat dengan
ikhtiar Freud sendiri dalam masalah awam (1972). Di paris ia mendirikan suatu
himpunan baru Societe francaise de psychanalyse (1953) yang mengakui sebagai
tujuannyauntuk secara konsekuen kembali pada psikoanalisa psychanalise.
Karya lacan yang tebal berjudul Ecrits (1966) ( karangan-karangan) terdiri dari
ceramah-ceramah yang diberikannya pada berbagai kesempatan. Tahun 1974 terbit
bukunya Television (televisi), berisikan dua wawancara yang diberikan untuk
telivisi prancis pada tahun sebelum meninggalnya ia sendiri membubarkan Ecole
freudienne di paris, karena menurut pendapatnya disitu telah
terjadi terlalu banyak penyimpangan kompromi.
Karya nya sebagian terbesar terdiri atas
teks-teks yang pernah diucapkan sebagai ceramahatau bahan seminar dan kemudian
oleh si penceramah dituliskan dan direvisi. Lacan penulis untuk insiders:sering
diulanginya bahwa ia hanya bicara untuk analis-analis. Tetapi ironinya adalah
bahwa buku ecrits telah menjadi best-seller yang banyak di baca atau
sekurang-kurangnya dimiliki oleh orang yang tidak akan mengerti.
Lacan selalu membahas ketidaksadaran dalam
konteks percakapan psikoanalitis. Artinya percakapan seorang psikoanalis dengan
pasiennya atau lebih umum percakapan seorang psikoanalis dengan analisanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar