Aliran Monisme
Monisme
(monism) berasal dari kata Yunani yaitu monos (sendiri, tunggal)
secara istilah monisme adalah suatu paham yang berpendapat bahwa unsur pokok
dari segala sesuatu adalah unsur yang bersifat tunggal/ Esa. Unsur dasariah ini
bisa berupa materi, pikiran, Allah, energi dll. Bagi kaum materialis unsur itu
adalah materi, sedang bagi kaum idealis unsur itu roh atau ide. Orang yang
mula-mula menggunakan terminologi monisme adalah Christian Wolff
(1679-1754). Dalam aliran ini tidak dibedakan antara pikiran dan zat. Mereka
hanya berbeda dalam gejala disebabkan proses yang berlainan namun mempunyai
subtansi yang sama. Ibarat zat dan energi dalam teori relativitas Enstein,
energi hanya merupakan bentuk lain dari zat.Atau dengan kata lain bahwa aliran
monisme menyatakan bahwa hanya ada satu kenyataan yang fundamental.
Adapun
para filsuf yang menjadi tokoh dalam aliran ini antara lain: Thales (625-545
SM), yang menyatakan bahwa kenyataan yang terdalam adalah satu subtansi yaitu
air. Pendapat ini yang disimpulkan oleh Aristoteles (384-322 SM) , yang
mengatakan bahwa semuanya itu air. Air yang cair itu merupakan pangkal, pokok
dan dasar (principle) segala-galanya. Semua barang terjadi dari air dan
semuanya kembali kepada air pula. Bahkan bumi yang menjadi tempat tinggal
manusia di dunia, sebagaian besar terdiri dari air yang terbentang luas di
lautan dan di sungai-sungai. Bahkan dalam diri manusiapun, menurut dr Sagiran,
unsur penyusunnya sebagian besar berasal dari air. Tidak heran jika Thales,
berkonklusi bahwa segala sesuatu adalah air, karena memang semua mahluk hidup
membutuhkan air dan jika tidak ada air maka tidak ada kehidupan.
Sementara
itu Anaximandros (610-547 SM) menyatakan bahwa prinsip dasar alam haruslah dari
jenis yang tak terhitung dan tak terbatas yang disebutnya sebagai apeiron
yaitu suatu zat yang tak terhingga dan tak terbatas dan tidak dapat dirupakan
dan tidak ada persamaannya dengan suatu apapun. Berbeda dengan gurunya Thales,
Anaximandros, menyatakan bahwa dasar alam memang satu akan tetapi prinsip dasar
tersebut bukanlah dari jenis benda alam seperti air. Karena menurutnya segala
yang tampak (benda) terasa dibatasi oleh lawannya seperti panas dibatasi oleh
yang dingin. Aperion yang dimaksud Anaximandros, oleh orang Islam
disebutnya sebagai Allah. Jadi bisa dikatakan bahwa pendapat Anaximandros yang
mengatakan bahwa terbentuknya alam dari jenis yang tak terbatas dan tak
terhitung, dibentuk oleh Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini pula yang dikatakan Ahmad
Syadali dan Mudzakir (1997) bahwa yang dimaksud aperion adalah Tuhan.
Anaximenes
(585-494 SM), menyatakan bahwa barang yang asal itu mestilah satu yang ada dan
tampak (yang dapat diindera). Barang yang asal itu yaitu udara. Udara itu
adalah yang satu dan tidak terhingga. Karena udara menjadi sebab segala yang
hidup. Jika tidak ada udara maka tidak ada yang hidup. Pikiran kearah itu
barang kali dipengaruhi oleh gurunya Anaximandros, yang pernah menyatakan bahwa
jiwa itu serupa dengan udara. Sebagai kesimpulan ajaranya dikatakan bahwa
sebagaimana jiwa kita yang tidak lain dari udara, menyatukan tubuh kita.
Demikian udara mengikat dunia ini menjadi satu. Sedang filsuf moderen yang
menganut aliran ini adalah B. Spinoza yang berpendapat bahwa hanya ada
satu substansi yaitu Tuhan. Dalam hal ini Tuhan diidentikan dengan alam (naturans
naturata).
DAFTAR PUSTAKA
Tafsir, Ahmad. 2004. Filsafat Ilmu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudarsono. 2008. Ilmu Filsafat. Jakarta: Rineka Cipta.
Bakhtiar, Amsal. 2010. Filsafat Ilmu. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada
Tidak ada komentar:
Posting Komentar